Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin XML Sitemapmu Lebih SEO Friendly

Lama juga ga update blog ini, khususnya tentang optimasi seo. Akhir-akhir ini saya jadi agak sibuk karena banyaknya orderan dari perusahaan keluarga ane. Bukan CV apalagi PT, hanya UD alias Usaha Dewe :P



Ya berkat seo, company profile perusahaan keluarga bisa masuk pejwan dan omzet pun berlipat-lipat jadinya, bukan sombong, tapi supaya teman-teman bisa termotivasi ajah untuk belajar seo hehehe...



Oke back to topic, kali ini saya ingin mengajak sobat semua untuk "ngoprek" alias membongkar plugin google xml sitemap supaya lebih seo friendly (khusus wordpress selfhosting).



Apa Itu Sitemap?



Sitemap ya berarti peta situs secara harfiah. Yang dimaksud peta berarti penunjuk, nah penunjuk ini ada 2 : Pertama penunjuk / daftar isi situs kita yang diperuntukkan bagi visitor (manusia) supaya bisa menjelajahi situs kita dengan mudah.



Yang kedua adalah peta / daftar isi situs kita yang diperuntukkan bagi robot (robot juga butuh peta situs ya ternyata). Nah yang akan dibahas kali ini adalah sitemap / peta situs yang ditujukan untuk robotnya si mbah google.



Plugin XML Sitemap Untuk Robot Search Engine



Bagi yang memakai engine wordpress mungkin sudah tidak asing dengan plugin google xml sitemap yang bisa men-generate sitemap secara otomatis, sitemap yang dihasilkan akan berbentuk file .xml (selengkapnya tentang sitemap silahkan baca di sini).



Mengapa Harus Mengoprek Plugin Google XML Sitemap?



Sebelum kita tau alasannya lebih baik kita lihat dulu hasil sitemap dari plugin tersebut. Caranya cukup mudah, tambahkan "/sitemap.xml" di akhir jika sobat menggunakannya sehingga akan menjadi "hxxp://namadomain.com/sitemap.xml". Berikut ini tampilannya




XML Sitemap



Sepintas tidak ada yang aneh atau salah dengan sitemap diatas. Tapi mari kita berfikir sejenak. Yang namanya sitemap itu kan untuk memudahkan robot menelusuri link-link yang ada di situs kita (isi file itu hanyalah link / internal link di blog kita), seharusnya  tidak ada link keluar selain link blog kita (yang ane kasih tanda merah).



Cara yang akan kita terapkan memang sedikit "nakal" yaitu membuang link yang tidak perlu (link ke web si author dan link tentang sitemap itu sendiri).



Cara Membuang Link Keluar (Outbond Link) Pada Sitemap XML



Setelah muter-muter nyari caranya akhirnya ketemu juga :D Kita ga bisa edit dari dashboard wordpress kita karena file .xml ini sebenarnya dibungkus oleh css yang sudah di atur oleh pembuat pluginnya.



So, we must edit the css included in the plugin. Cara satu-satunya ya lewat cpanel kita, ane sih cuman tau cara ini hehehe...



Login ke cpanel > File Manager > public_html > wp-content > plugin > google-sitemap-generator > Pilih file "sitemap.xsl" dan edit.



Sobat akan menemukan kode seperti kode css, nah kode ini lah yang akan kita edit. Cari kode <div id="intro">, jika sudah ketemu hapus kode tersebut sampai kode penutup element "intro" tersebut yaitu kode </div>.



Save jika sudah. Langkah selanjutnya kita akan membuang footer-nya juga. Cari kode <div id="footer"> dan hapus semua isi nya sampai tag penutupnya yaitu </div>. Save. Hasilnya akan seperti in




Sitemap



Nah sekarang coba sobat lihat lagi sitemap blog sobat, bagaimana? Sudah hilangkan outbound link nya? Selamat mencoba "ngoprek" plugin google xml sitemap dan semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Bikin XML Sitemapmu Lebih SEO Friendly"